Hindari 4 Tanda Oli Palsu yang Bisa Membahayakan Mesin

Tanda oli palsu mesti dipahami benar-benar bagi Anda yang ingin salah pilih oli untuk kendaraan kesayangan Anda. Soalnya sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa oli adalah kebutuhan mutlak pada setiap kendaraan. Namun hal tersebut juga diiringi dengan banyaknya oli palsu di pasaran. Hindari penipuan dengan memperhatikan 4 tanda seperti berikut ini. 

tanda oli palsu
otoholic.net

1. Kemasan Oli


Tanda pertama yang bisa dijadikan acuan Anda adalah kemasan dari oli itu sendiri. Untuk oli yang tergolong palsu maka kemasan yang dimiliki pastinya tidaklah sempurna. Entah itu, kemasan yang terlihat tidak baru hingga bagian yang terlihat penyok. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa oli palsu menggunakan kemasan dari oli bekas. 

Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat kemasan dari oli palsu terlihat tidak sempurna dan juga sangat jauh dari kemasan oli asli. Selain itu, oli yang asli memiliki segel yang baik pada kemasannya. Sesuatu yang tidak mungkin bisa ditemukan pada kemasan oli palsu. Fakta tersebut bisa dijadikan acuan Anda ketika memilih oli untuk kendaraan pribadi yang dimiliki. 

2. Warna


Warna pada oli nyatanya juga bisa dijadikan petunjuk untuk memilih mana oli yang asli dan mana yang oli palsu. Untuk oli yang asli maka warnanya terlihat jernih dan juga berbau khas seperti oli kebanyakan. Cerita akan menjadi lain apabila yang Anda pilih ternyata adalah oli palsu. Hal tersebut dapat terlihat dari warnanya yang akan terlihat keruh dan bau tidak enak. 

Apabila kombinasi tersebut ternyata Anda temukan pada oli yang dipilih atau dibeli maka sebaiknya Anda berhati-hati. Soalnya bisa jadi oli yang Anda pilih tersebut adalah oli yang tergolong palsu apabila memiliki ciri-ciri tersebut. Untuk itulah, Anda mesti selalu waspada dan kalau bisa selalu membeli oli di tempat yang bisa dipercaya. 

3. Tingkat Kekentalan dari Oli


Tanda oli palsu berikutnya yang bisa Anda ketahui adalah dengan memperhatikan tingkat kekentalan dari oli tersebut. Perlu diketahui bahwa oli yang asli memiliki tingkat kekentalan yang baik. Hal tersebutlah yang membuat oli palsu tidak akan mampu menyamai atau meniru tingkat kekentalan yang dimiliki. 

4. Dijual dengan Harga Tidak Wajar


Tanda terakhir yang bisa dijadikan acuan adalah harga dari oli tersebut yang bisa dibilang sangat tidak wajar. Terutama harganya yang terbilang murah dan sangat berbanding jauh dengan oli sejenis. Apabila Anda juga menemukan oli dengan jenis ini maka sebaiknya Anda mulai waspada. Bisa jadi oli tersebut tergolong oli palsu yang dijual dengan harga miring. 

Jadi sekarang ini, Anda tidak boleh sembarangan lagi membeli oli untuk mesin kendaraan Anda. Lebih baik ketahui tanda oli palsu supaya Anda bisa mencegah pembelian oli tersebut. Soalnya nanti mesin kendaraan Anda yang bakal terkena dampak negatif apabila menggunakan oli palsu ini.